Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

5/14/2019

Mengapa Ikan Mas Tidak Mau Makan Umpan

Umpan yang jitu adalah umpan yang bisa memikat ikan agar memakan umpan yang kita gunakan, namun bagaimana jika ikan mas sama sekali tidak mau memakan umpan ?.

Saat-saat tertentu memang ada kalanya ikan seolah tidak merasa lapar sama sekali, bahkan ikan baru di curah pun malah ikut-ikutan mogok makan. Tentu kondisi ini akan membuat pemancing menjadi sangat jenuh dan frustasi karena umpan tak kunjung mendapat sambaran ikan.

Apa Penyebab Ikan Mas Tidak Mamu Memakan Umpan ?

Kalau kita berbicara kenapa si ikan mas tidak mau memakan umpan...? Ini yang menjadi PR bagi setiap pemancing, karena mereka hanya bisa menerka-nerka bahkan tak jarang para pemancing curiga kepada pemilik empang, " jangan-jangan memang ikan dibuat supaya tidak mau makan umpan sehingga banyak pemancing yang tertarik untuk berlomba mendatangi kolam harian yang banyak menyisakan ikan mantan karena curahan ikan yang di tabur tidak pernah terangkat ke daratan.

Namun alangkah baiknya bila kita pahami dulu cuaca di daerah kita memancing. Coba cari tau lokasi pemancingan lain yang tidak jauh dari kolam tempat kita memancing. Apakah disana ikan tidak bermasalah ( aktifitas memakan ikan normal seperti biasa ), atau juga sama halnya dengan kolam tempat kita memancing, alias ikan juga mogok makan.

Karena biasanya memang ada kalanya ikan mas melewati siklus masa-masa dimana mereka mengabaikan aktivitas makan dan mementingkan aktifitas lain, contohnya musim kawin dan pergantian cuaca atau ketika cuaca tidak menentu (kadang panas luar biasa atau sebaliknya tiba-tiba hujan sangat lebat).

Mogoknya aktivitas makan ikan mas yang disebabkan kondisi alam, biasanya hanya terjadi paling cepat 15 hari dan selambat-lambatnya hingga 1 bulan sebelum kemudian aktivitas mereka normal kembali.

Prilaku Ikan Ketika Susah Makan

Perhatikan prilaku ikan saat ketika ikan mogok makan, saat musim kawin biasanya ikan ikan bergerombol dan selalu berpindah-pindah tempat sampai menemukan tempat dimana titik nyaman mereka berkumpul.

Prilaku seperti ini juga biasanya akan di tandai ada beberapa ekor ikan yang sangat agresif seolah berputar, mengejar dan berkelit seolah menunjukkan atraksi di dalam air. Wajar saja jika kondisi seperti ini ikan cenderung mengabaikan makanan karena memang ada kebutuhan lain yang membuat mereka makan hanya alakadarnya saja.

Sebenarnya musim kawin ini hanya istilah saja ketika ada beberapa ikan yang memang saat itu dalam kondisi bertelur dan siap dibuahi, maka akan mempengaruhi ikan lain yang berada di kolam tersebut, karena pada dasarnya tidak ada waktu ketetapan kapan ikan mas itu musim kawin.

Begitu juga ketika ikan mogok makan karena kondisi cuaca. Prilaku ikan ketika susah makan umpan yang dikarenakan faktor cuaca juga sama saja sepertikasus di atas. Ikan akan cenderung bergerombol dan biasanya dalam posisi setengah air.

Ikan yang bergerombol setengah air ini biasanya tidak terlalu banyak bergerak, bergesernya akan sangat lambat. Namun kita masih bisa mendapatkan keberuntungan saat prilaku ikan tidak agresif ini, karena kadang ikan hanya malas mencapai dasar kolam untuk mengais lumpur dan mencari makan. 

Jika kita lempar umpan dan jatuh tepat di kerumunan ikan, terbukti ikan menyambar umpan. namun sayangnya mereka akan berpindah-pindah tempat ketika salah satu diantara gerombolan memberontak terkena pancing.

Kondisi ini sebenarnya hanya sementara, karena biasanya ikan akan kembali beraktifitas normal di sore hari. Artinya masih ada harapan kita akan mendapat ikan walaupun hampir putus asa karena ikan mulai mau memakan umpan saat sore hari.

Ini menjadi keberuntungan untuk lapak yang menjadi tempat translit terahir gerombolan ikan ketika mulai masuk jam makan. Habiskan........

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan untuk kita, kapan waktu yang tepat pergi memancing. dengan memahami prilaku ikan di atas, tentu kita akan berfikir beberapa kali ketika melihat kondisi atau prilaku ikan mas yang pertama. Lain lagi saat kondisi prilaku ikan yang kedua dimana masih ada harapan ketika kita mau bersabar hingga sore hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengapa Ikan Mas Tidak Mau Makan Umpan

1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    BalasHapus