Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

7/30/2018

Umpan Sakti Ikan Mas Cuaca Panas Dan Musim Kemarau

Memancing merupakan salah satu kegiatan atau hobi yang membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi, apalagi memancing di kolam pemancingan dengan beraneka ragam jenis umpan yang digunakan para pemancing untuk bisa mendapatkan ikan yang banyak.

Tantangan yang harus dihadapi adalah bersaing umpan, karena sudah pasti umpan yang baik dan bisa di bilang unggul bisa di ukur dengan jumlah perolehan ikan hasil tangkapan.





Banyak faktor yang dapat menyebabkan perolehan kita melimpah atau bahkan juga sebaliknya, yaitu sangat tidak memuaskan. Oleh sebab itu paling tidak kita harus belajar dari pengalaman, entah itu pengalaman dari orang lain atau pengalaman pribadi selama kita memancing sejauh ini.

Umpan Mancing Ikan Mas Yang Cocok Untuk Cuaca Panas atau Kemarau

Kali ini saya akan berbagi resep umpan khusus yang paling ampuh digunakan saat musim kemarau atau cuaca panas. Mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat pemancing sekalian dan bisa jalan di pemancingan wilaayah sobat.

Benarkah cuaca juga turut andil dalam menentukan jenis umpan yang akan kita gunakan memancing?
Mungkin ini sedikit jadi perdebatan di kalangan para pemancing, namun kita bicara pengalaman saja. Dan ini merupakan pengalaman pribadi saya di daerah Lampung, entah karena faktor iklim atau memang kebetulan yang terjadi secara berulang-ulang.

Cuaca panas memang biasanya ikan akan sedikit sulit dan lamban memakan umpan, namun sebenarnya untuk kolam harian, kondisi ikan yang cara memakan umpan lamban inilah yang menjadi seninya memancing.

Akan sangat menentukan sekali umpan yang berkualitas atau tidak. Ikan yang lamban dalam memakan umpan akan sangat memilih dan menyeleksi jenis umpan yang paling mereka sukai. Seakan-akan ikan mas melakukan penyeleksian pakan dengan menyusuri semua bagian dasar kolam.

Umpan yang baik akan mereka makan karena sesuai dengan selera mereka, sementara umpan yang tidak jauh lebih baik akan mereka lewati karena tidak tertarik dengan aroma, tekstur atau bahan yang dibuat untuk umpan.

Mengenai rasa dan aroma mungkin tidak jauh berbeda dengan umpan biasanya, karena postingan kali ini kita hanya akan membicarakan mengenai tekstur hasil pembuatan umpan.

Kebiasaan ikan yang mengais dasar kolam disaat cuaca panas akan sedikit berkurang, karena ikan akan lebih banyak berada di atas dasar kurang lebih sejengkal dari dasar kolam, dan akan turun ke dasar saat akan menghampiri makanan di dasar kolam.

Kondisi umpan didasar kolam sebenarnya kurang dari 1 menit yang kita biarkan makin lama semakin tertutup lumpur karena keruh akibat aktifitas hewan-hewan kecil penghuni dasar kolam. Untuk menjaga agar umpan selalu terlihar di permukaan lumpur, tentu harus ada gerakan pada umpan.

Biasakan setidaknya 2 menit sekali, gentak joran sedikit saja karena gentakan kecil itu akan membuat umpan sedikit terangkat sehingga umpan kembali lepas dari endapan keruh yang menutupinya. Ini kita lakukan supaya ikan mas akan bisa melihat keberadaan umpan kita di dasar kolam, karena kurangnya aktifitas ikan yang mengais dasar kolam dalam mencari ikan.

Tekstur Umpan Untuk Cuaca Panas

Kembali lagi mengenai tekstur umpan yang saya maksudkan di atas adalah jenis racikan yang akan kita gunakan untuk memancing.

Buatlah tekstur umpan yang lembut / lembek namun umpan tidak mudah lepas dari kail meskipun terkikis oleh air, namun umpan hanya mengecil saja akan tetapi tetap melekat di mata pancing/kail.

Ini tidak merubah bahan utama dalam membuat umpan, namun hanya menambahkan jenis campuran sebagai bahan perekat yang teksturnya lengket, sehingga umpan tidak mudah buyar.

Mengapa umpan kita buat teksturnya lengket dan tidak mudah buyar? Ini untuk membuat umpan tetap utuh saat kita melakukan gentakan-gentakan kecil pada joran untuk menjaga umpan tetap terlihat di dasar kolam.

Kita bisa menggunakan keju yang memang memiliki tekstur sangat lunak sebagai bahan campuran umpan agar memiliki tekstur yang empuk dan lunak namun tidak mudah buyar.

Atau bisa juga menggunakan pengeras seperti kinoy dengan takaran lebih banyak dari biasanya, lalu tambahkan air secukupnya untuk mengatur tingkat kelembutan umpan.

Baca juga :

1. Umpan Untuk Air Kolam Berwarna Hijau

2. Keju Campuran Umpan Penggugah Selera Ikan

3. Cara Membuat Pelampung Pancing Sensitif

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Umpan Sakti Ikan Mas Cuaca Panas Dan Musim Kemarau

1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    BalasHapus