Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

3/04/2018

Umpan Jitu Mancing Ikan Mas Harian

Umpan pancing sebagai makanan ikan mas yang ampuh dan paten harus kita ketahui sebagai penghobi mancing karena jika tidak mengerti sama sekali apa dan bagaimana cara membuat umpan ikan yang baik, sudah bisa di pastikan tujuan kita memancing tidak akan tercapai.

Membuat umpan mancing ikan mas yang bisa dibilang unggulan tidak harus dengan bahan yang terlalu menguras isi kantong. Karena umpan mahalpun belum tentu bisa kita andalkan bila hanya untuk mencoba resep dengan bahan yang terlalu banyak menggunakan campuran.

Memang hobi mancing merupakan kegiatan yang terbilang sangat menyenangkan, menunggu saat-saat pelampung bergerak memberikan signal adanya pergerakan ikan yang melahap umpan.

Tentu sensasi yang paling dinanti seorang pemancing adalah saat mengajar ikan dan mampu merasakan perlawanan ikan yang cukup untuk membuat joran melengkung karena mengencangnya kenur akibat tarikan ikan yang mencoba berontak sekuat tenaga untuk lepas dari kaitan kail yang menancap di dalam rongga mulut.

Ada yang beranggapan memancing itu bukan perkara pintar atau tidaknya dalam hal memancing, namun hanya faktor hokilah yang sangat menentukan. Wah... gawat ni kalu pemancing hanya mengandalkan dari faktor keberuntungan saja....

Yah... memang ada benernya juga si.... Namun xx% keberuntungan ini kita berlakukan untuk di kolam harian dengan kondisi ikan baru yang dicurah saat hari itu juga. Namun jangan pernah mengandalkan keberuntungan di galatama ya....

Mengapa dibilang faktor keberuntungan ?
dan Mengapa juga harus memperhitungkan Umpan ?

Kita pelajari dari sifat ikan mas (terutama ikan-ikan bobot kurang dari 1/2 kg), biasanya ikan-ikan mas ini bergerombol sesuai dengan kehidupan di habitat asli mereka. Jika gerombolan ikan tersebut tepat berada di lapak yang kita tempati, itu artinya keberuntungan untuk kita.

Jika umpan yang kita gunakan adalah umpan yang memang disukai ikan, ikan tidak akan bergeser walaupun sedah kenyang. Mereka akan terus mendatangi taburan umpan bahkan mengais-ngais lumpur di dasar kolam seolah tidak rela membiarkan sebutirpun sisa taburan umpan yang di sia-siakan. 

Namun jika umpan yang kita gunakan tergolong umpan biasa yang tidak seberapa disukai ikan, sudah bisa dipastikan sisa gerombolan ikan akan bergeser karena hilangnya selera makan sebelum/setelah kenyang.

Umpan unggul dan mampu menggugah selera makan ikan ?
Keuntungan yang pastinya akan kita peroleh jika memang umpan yang kita ramu dengan komposisi bahan yang sesuai selera ikan adalah :
Ketika sisa ikan mulai kehilangan selera makan, ini adalah momen dimana kita akan membangkitkan kembali selera ikan dengan aroma dan rasa yang akan mengundang ikan-ikan untuk tidak pernah merasa bosan mencicipi umpan.

Umpan yang biasa hanya akan mereka lewati saja dan akan berhenti di titik taburan umpan yang membuat mereka tertarik untuk melahap karena ketertarikan akan kombinasi campuran dan bahan yang sempurna.

Satu-demi satu ikan akan mampir dan disinilah letak keunggulan umpan dengan racikan yang pas sesuai selera ikan. Ikan yang akan mencari umpan dan bukan umpan yang mencari ikan.

Ingat.. Jangan terlalu mengharapkan faktor keberuntungan.
Jadilah seorang pemancing dengan penuh perhitungan.
Perhitungkan umpan yang pas untuk setiap cuaca.
Perhitungkan piranti mancing dengan ikan target.
Perhitungkan tekstur umpan.

Baik... kita kembali ke topik tentang umpan ikan mas untuk harian.

Umpan Ikan Mas Jitu Untuk Harian

Umpan mancing bisa di bilang jitu atau unggul tentunya umpan yang bisa mendapat ikan yang banyak. Bila kita sudah yakin dengan umpan yang kita gunakan, satu hal lagi yang harus tetap kita jaga... yaitu kesabaran.

Kali ini saya akan berbagi umpan yang paling cocok untuk ikan mas khususnya untuk kolam harian. Umpan ini tergolong umpan yang bisa dibilang murah meriah, namun cukup bisa di andalkan.

Bahan :

1. Telur Asin : 1 butir
2. Roti Roma Kelapa  : 4 keping
3. Pelet Jitu Pancing : 2 bungkus
4. Air Panas : secukupnya

Langkah Pembuatan :

- Siapkan wadah baskom untuk mengaduk
- Masukkan 1 Pelet Jitu Pancing ke baskom (yang 1 bungkus untuk nanti)
- Masukkan 4 keping Roti Roma kelapa

Sedu dengan air panas dan haluskan sampai merata.
Jika roti dan pelet dirasa telah halus, masukkan telur asin kuning dan putihnya.
Aduk lagi sampi semua bahan tercampur merata.

Untuk mempermudah tercampurnya semua bahan, adonan dibuat agak encer namun jangan terlalu encer.

Masukkan 1 bungkus Pelet Jitu yang terahir sedikit demi sedikit sambil terus aduk.

Jika umpan terlalu keras, bisa tambahkan air secukupnya sampai adonan tidak terlalu lembek dan tidak pula terlalu keras.

Cobalah buat bulatan untuk memastikan adonan untuk dibuat umpan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Umpan Jitu Mancing Ikan Mas Harian

0 komentar:

Posting Komentar