Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

3/11/2018

Tips Memperbaiki Kerusakan Reel Pancing - Service Reel

Memperbaiki Reel, bearing / bering yang rusak membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian, mulai dari membongkar reel, memperbaiki rell sampai perakitan atau pemasangan rell pancing kembali setelah diperbaiki. Semua harus kita lakukan dengan sabar dan tidak bisa buru-buru, karena piranti mancing yang satu ini adalah sebuah mesin yang kita operasikan secara manual dengan sistim putaran.

Banyak kasus yang terjadi dikalangan pemancing, terutama pemancing pemula merasa penasaran untuk mengetahui apa isi di dalam mesin satu ini. Saat mereka merasa ada sedikit kejanggalan yang mereka rasakan dari biasanya, biasanya dorongan rasa penasaran ini membuat mereka memberanikan diri untuk membuka satu persatu dari setiap bagian mesin didalamnya.

Banyak hal yang bisa terjadi ketika kita melakukan perbaikan sebuah alat yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Bagi yang memiliki insting dibidang mesih, peluang keberhasilan mungkin mencapai 80%. Namun apa yang terjadi bila hanya bermodalkan nekat saja tanpa adanya pengetahuan di bidang mekanik? yang terjadi mungkin kebalikannya.

Namun tidak menutup kemungkinan kita yang tidak mengenal dunia mekanik ini akan bisa memperbaikinya. Semua bisa kita lakukan dengan hati-hati, dan mencermati setiap bagian yang ada, denagan memahami letak dan posisi saat kita mulai melakukan pembongkaran.

Untuk bisa memperbaiki rell yang rusak tidak perlu harus mengetahui nama dari masing-masing komponen yang ada di dalamnya. Karena bila ada alat yang rusak dan harus digantipun kita bisa membawa komponen tersebut ke toko pancing untuk membeli yang baru tanpa menyebutkan namanya.

Perlu diingat bahwa setiap jenis rell belum tentu memiliki bentuk yang sama dibagian dalamnya, meskipun cara kerjanya sama. Inilah mengapa saya sarankan untuk membawa langsung alat yang rusak ketoko pancing agar mempermudah menentukan bentuk dan ukurannya.

Apa yang harus kita lakukan saat memperbaiki Reel Pancing ?

Seperti yang saya tulis di atas tadi bahwasannya untuk memperbaiki reel pancing yang rusak membutuhkan ketelitian dan lakukan dengan hati-hati.

Untuk sobat yang sudah sering melakukan bongkar pasang reel, mungkin akan mudah saja menentukan titik mana yang bermasalah, bahkan hanya mendengar suaranya saja kita sudah tau dimana permasalahannya. Tinggal bongkar, ganti dan beres...

Namun untuk pemula mungkin sebelum melakukan pembongkaran dengan modal nekat, mungkin tips ini akan membantu sobat untuk mengantisipasi kesalahan pada saat melakukan pembongkaran reel.


Cermati dan Pahami

Untuk melakukan pembongkaran dengan tujuan memperbaiki kerusakan tentu kita harus mengetahui letak kerusakan. Untuk mengetahui titik kerusakan tentu kita  harus tau fungsi dari masing-masing bagian.

Lakukan pembongkaran di lantai, dan bentangkan karpet atau koran untuk alas pembongkaran.
Jangan lakukan pembongkaran di atas meja, karena jika peralatan kecil jatuh kemungkinan akan susah ditemukan.

Pembongkaran

Langkah awal yang harus sobat lakukan adalah pahami dulu urutan letaknya sebelum melakukan pembongkaran. Ini untuk mengantisipasi agar saat pemasangan nanti tetap berurutan seperti saat melakukan pembongkaran.

Urutkan letak peralatan berjejer dari kanan ke kiri atau sebaliknya, jangan letakkan di satu wadah sehingga semua alat akan tercampur menjadi satu.

Mulaulah melepas peralatan satu demi satu dan letakkan berurutan sesuai dengan urutan pelepasan.

Lakukan dengan sabar dan hati-hati untuk menghindari beberapa komponen mesin buyar secara bersamaan tanpa kita pahami dulu urutannya.

Langkah selanjutnya adalah mencuci semua peralatan bisa dengan menggunakan bensin atau solar. Bersihkan semua peralatan dengan menggunakan kain atau sikat kecil agar kotoran yang melekat dapat mudah kita bersihkan.

Setelah semua sudah kita bersihkan, lalu keringkan.

Disinilah kita akan menentukan adakah peralatan yang harus diganti, jika kerusakan hanya disebabkan oleh kotoran saja, artinya kita hanya akan membersihkan dan memasang kembali.
Namun jika kerusakan itu dikarenakan ada sesuatu yang patah dan lain sebagainya, itu artinya kita harus mengganti atau cukup memperbaiki saja.

Service Reel Pancing

Perakitan kembali

Lakukan perakitan dengan hati-hati sambil melakukan memberian pelumas khusus untuk reel disetiap pemasangan. Tetap perhatikan dan pastikan urutan pemasangan adalah kebalikan dari urutan saat kita melepas tadi.

Jika langkah-langkah di atas kita lakukan dengan benar, sudah bisa dipastikan reel yang kita perbaiki akan pulih seperti dedia kala dan siap digunakan kembali.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memperbaiki Kerusakan Reel Pancing - Service Reel

0 komentar:

Posting Komentar