Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

3/09/2018

Rahasia Segala Umpan - Umpan Putih Ikan Mas

Umpan putih ikan mas sekarang marak menjadi jenis racikan umpan dengan berbagai macam kombinasi campuran yang ciptakan untuk membuat ikan tergila-gila. Namun semakin banyak kombinasi dan cara pembuatan umpan ini akan membuat kita bingung untuk menentukan yang mana racikan yang paling pas dan galak.

Kebanyakan para pemancing pemula khususnya akan disibukkan dengan berbagai macam jenis umpan karena memang belum menemukan racikan yang pas untuk mereka gunakan. Ini wajar dan setiap pemancing bahkan seorang pemancing kawakan juga dulunya pernah mengalami kebingungan dalam menentukan dan memilih jenis umpan tertentu,lebih-lebih lagi cara pembuatannya.

Jika memang sobat adalah seorang pemancing yang bisa dibilang belum bayak tau akan hal racikan umpan saran saya jangan terlalu memaksakan diri dulu untuk satu jenis umpan dengan berbagai macam kombinasi yang terlalu banyak menggunakan bahan-bahan untuk campuran.

Karena semakin banyak bahan yang kita gunakan maka semakin besar juga tingkat perhitungan dari segi takaran dan cara pembuatan. Karena jika dalam pembuatan umpam hanya asal-asalan tanpa memperhitungkan banyaknya bahan utama yang kita gunakan dan seberapa pula campuran yang kita kombinasikan dalam adonan, akan berdampak pada aroma dan rasa nantinya.

Jelas bahwa kegagalan dalam meracik umpan akan berakibat sangat fatal karena kemungkinan sangat besar umpan kita tidak akan menarik perhatian ikan. Bila umpan yang kita sugukan sudah tidak mampu menarik perhatian ikan, maka jangan pernah bermimpi untuk mendapatkan hasil pancingan yang melimpah.

Aroma dan Rasa

Dalam menentukan jenis umpan sebenarnya warna yang dihasilkan bukanlah permasalahan yang cukup serius, namun dari sekian banyak jenis bahan yang di gunakan beberapa pemancing yang bisa dibilang sukses adalah jenis umpan yang dipakai kebanyakan berwarna putih.

Jangan terlalu berharap banyak dari salah satu jenis racikan umpan saja, terutama di kolam pemancingan dengan tingkat kompetisi persaingan umpan yang sangat tinggi. Ada banyak jenis umpan dengan dengan bahan yang kemungkinan besar sama namun memiliki tingkat perbeda dalam menentukan ramuan.

Tidak jauh berbeda dengan pembuatan jamu keliling, berbeda penjual atau pembuat jamu biasanya akan berbeda juga dalam hal aroma dan tingkat kepekaan rasa meskipun bahan yang dibuat sama.

Disini perlu kejelian untuk menentukan persentase sedikit banyaknya campuran sebagai pendukung cita rasa dan aroma khas yang akan dihasilkan ketika sudah membaur dengan bahan pokok atau bahan utama.

Umpan Putih

Racikan umpan kebanyakan menggunakan bahan-bahan dari alam seperti jenis buah dan umbi, dan memang warna yang dihasilkan dari bahan-bahan tersebut kebanyakan berwarna putih. Mungkin inilah yang membuat umpan jenis ini dinamai umpan putih.

Sobat bisa tentukan sendiri bahan apa yang akan di gunakan dan juga kombinasikan campuran untuk membuat jenis umpan putih yang nantinya bisa jadi umpan rahasia dengan aroma dan cita rasa yang unik.

Untuk bahan yang bisa kita gunakan adalah jenis umbi-umbian dan buah-buahan segar, dan proses pembuatan umpan biasanya akan menggunakan cara merebus atau mengukus bahan utama, peracikan atau pengadonan bahan dengan campuran, dan pengukusan.

Yang sangat menentukan dari proses pembuatan umpan tadi adalah saat peracikan atau pengadonan umpan, perhitungkan jumlah bahan utama dengan takaran campuran yang akan kita gunakan sehingga tercipta kombinasi yang pas.

Jika memang belum pernah melakukan pembuatan sebelumnya, ini merupakan bentuk eksperimen seorang pembuat umpan untuk menciptakan komposisi umpan yang tepat. Memang ini akan sangat beresiko karena jika umpan kita gagal, usaha kita mendapatkan ikan banyakpun gagal.

Jangan pernah menyerah dan putus asa, semua memang perlu pengorbanan karena bisa jadi kegagalan akan terus terjadi dengan resiko yang sama sampai akhirnya eksperimen kita berhasil dengan komposisi racikan yang tepat untuk di jadikan umpan andalan yang berbeda dari jenis umpan lainnya.

Namun jika sobat tidak banyak memiliki waktu untuk menentukan racikan umpan sendiri dengan komposisi racikan unik, di bawah ini saya bagikan komposisi racikan umpan yang biasa digunakan untuk mancing di kolam baik itu harian, kiloan ataupun lomba.

Tapi memang umpan ini bukanlah jenis umpan unik lagi, karena banyak para pemancing sukses di kolam pemancingan menggunakan racikan umpan ini. Tapi setidaknya sudah terbukti bahwa ikan sangat menyukai umpan putih ini.


Bahan Umpan Putih

Jagung manis 4 buah
Kuning telur 4 butir
Santan asli (dari kelapa)
Ikan belut 2 ekor (seukuran telunjuk)
Ubi jalar putih
Kroto

Cara Membuat Umpan Putih

Kukus/rebus dulu ubi, jagung dan  belut sampai matang.

Pertama masukkan lebih dulu kewadah kemudian blender sampai halus.
Jika jagung sudah diblender, masukkan semua bahan tadi (kecuali kroto).
aduk lagi sampai bahan tercampur rata dan halus.

Jika adonan terlalu kental, bisa tambahkan air hangat dan terus aduk.
yang terahir adalah masukkan kroto dan aduk perlahan supaya tidak pecah.
Masukkan adonan ke dalam plastik kemnudian ikat.

Langkah yang terakhir adalah pengukusan.

Perhatikan cara pengukusan agar umpan benar-benar masak merata,
Masak terlebih dahulu air kukusan sampai mendidih dan kecilkan api.
Jika api sudah kecil, masukkan plastik adonan tadi dan tunggu 15-20 menit.
Angkat plastik adonan dan masukkan ke dalam wadah untuk di dinginkan.
Umpan siap digunakan....
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rahasia Segala Umpan - Umpan Putih Ikan Mas

0 komentar:

Posting Komentar