Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

3/18/2018

Cara Membuat Umpan Wangi Ikan Mas

Umpan wangi merupakan salah satu jenis umpan dengan menggunakan campuran khusus yang dapat membuat umpan beraroma wangi dengan tujuan untuk menarik perhatian ikan. Walaupun ada juga yang menganggap aroma yang lain seperti umpan aroma amis, umpan putih, umpan alami dll. itu merupakan umpan yang lebih unggul. Namun kembali lagi ke aroma umpan yang mana yang akan kita unggulkan sehingga satu umpan itu akan benar-benar kita pelajari dari cara meracik umpan dan menyesuaikan dengan jenis bahan dan takaran sampai menemukan komposisi racikan yang paling jos.

Ikan Mas termasuk ikan pemakan segala yang terkadang membuat kita sedikit direpotkan dalam menentukan bahan umpan yang akan digunakan untuk memancing. Belum lagi harus memilih campuran sebagai bumbu penyedap rasa umpan sehingga ikan akan sangat berselera memakan umpan yang kita gunakan.

Untuk membuat jenis umpan dengan aroma wangi sebaiknya kita selalu menggunakan aroma yang dihasilkan alam, seperti nangka, sirsak, durian, stroberi dan lain sebagainya.

Bila masih ragu dengan hasil temuan yang akan kita buat nantinya tidak berhasil membuat ikan mas berselera, jangan terlalu memaksakan untuk tetap berinovaasi dengan komposisi sendiri.

Sekarang banyak jenis umpan aroma apapun yang bisa kita gunakan langsung untuk memancing. Banyak sekali jenis umpan jadi dengan berbagai macam merk yang masing-masing memiliki keunggulan sendiri.

Untuk sobat yang memang belum ada persiapan umpan saat memancing, biasanya di kolam pemancingan juga menyediakan beberapa jenis umpan wangi yang bisa langsung disedu untuk dijadikan umpan.

Namun yang menjadi alasan mengapa para pemancing berlomba-lomba untuk menciptakan jenis racikan unik dengan aroma yang diinginkan adalah rasa puas yang tak terhingga manakala umpan yang mereka ciptakan bisa dibilang sukses dan terbukti mendapatkan ikan yang jauh lebih banyak dari pemancing lainnya.

Bagimana dengan sobat..? Apakah juga akan mencoba menciptakan sendiri komposisi umpan andalan?
Membuat umpan racikan sendiri tidak harus membuat semua bahan dari awal hingga akhir adalah murni bahan mentah olahan sendiri. Kita bisa kombinasikan beberapa jenis umpan jadi yang kita beli dan meracik ulang dengan mencampurkan beberapa umpan dengan takaran yang pas.

Misalkan kita akan membuat umpan wangi dengan jenis umpan jadi yang kita beli sebagai bahan dasar. Kemudian kita akan membuat aroma wangi yang lebih unik dengan harapan ikan mas akan lebih agresif memakan umpan.

Dari komposisi utuh umpan yang kita beli tadi mungkin bisa kita tambahkan jenis umpan amis untuk menghasilkan aroma unik umpan.

Dibawah ini adalah resep umpan wangi dari beberapa teman yang bisa dibilang selalu sukses menggunakan umpan ini. Sobat bisa juga mengkombinasikan dengan aroma tertentu sehingga umpan menjadi lebih unik.

Bahan Umpan Wangi

Daun Pandan 3 lembar
Jagung Manis 4 tongkol
Telur Bebek 4 butir (kuningnya saja)
Umpan jadi Pa Ikin Biru 1 bungkus
Susu Kental 1/2 kaleng
Keju Mozarella 1/2 kotak
Santan Kara 1 sashet
Kroto secukupnya (lebih banyak lebih bagus)

Cara pembuatan tebilang sangat mudah.
Pertama-tama rebuis dulu atau kukus jagung manis utuhan sampai matang.
Angkat dan dinginkan jangung jika sudah matang.
Parut jagung manis tadi di dalam baskom. Tidak diparutpun tidak apa-apa, ini hanya mempermudah halusnya jagung saat di blender.

Setelah jagung sudah berbentuk butiran parutan, masukkan semua bahan kedalam blender, kecuali daun pandan dan kroto.

Kemudian blender sampai benar-benar halus.
Setelah selesai di blender, masukkan kedalam baskom.
Masukkan kroto sebagian dan aduk pelan-pelan sampai kroto tercampur rata.

Setelah itu masukkan ke dalam plastik, dan masukkan juga daun pandan kemudian ikan kuat.

Selanjutnya kukus umpan tadi dengan api sedang saja, tujuannya agar uap panas benar-benar membuat umpan tanak dengan merata.
Tunggu selama 30 menit, dan angkat kemudian dinginkan.
Umpan siap digunakan.

Sebagian kroto bisa digunakan untuk di totolkan saat akan memasang umpan pada kail.

Baca juga :
1. Aroma Umpan Pilihan Untuk Ikan Mas
2. Supaya Umpan Tidak Mudah Basi
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Umpan Wangi Ikan Mas

0 komentar:

Posting Komentar