Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

2/28/2018

Umpan Ikan Mas Andalan Tanpa Kroto

Membuat komposisi racikan umpan ikan mas terbilang gampang-gampang susah, semua tergantung dari ragam bahan yang kita gunakan untuk membuat komposisi dari umpan itu sendiri.

Ikan mas menjadi sangat populer di kalangan pemancing karena sensasi yang dirasakan memang berbeda dari jenis ikan lainnya saat memancing.

Sebenarnya ikan mas merupakan ikan air tawar yang hidup di rawa-rawa, sungai dan danau. Namun ikan ini sekarang marak di budidayakan di hampir semua tempat di nusantara ini, karena di samping rasa dagingnya yang memang gurih, ikan ini menjadi prima dona di kalangan para pemancing.

Untuk mendapatkan hasil tangkapan yang memuaskan tentu ada hal-hal yang harus kita pelajari terlebih dahulu.

Sebelum menentukan umpan, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui cara memancing ikan mas dengan mempelajari tingkah laku dari ikan mas itu sendiri. Mulailah mempelajari kebiasaan makan ikan mas, dari jam makan, tempat pavorit ikan mas dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk memancing di danau atau tempat alami, sebenarnya tidak perlu harus memaksakan diri untuk melakukan kegiatan memancing sepanjang satu hari penuh. Karena biasanya ikan mas akan lebih agresif mencari makan di pagi hari hingga menjelang siang. Dan sudah bisa di pastikan di tempat alami, semua jenis ikan akan berada di tepi perairan untuk mendapatkan makanan.

Namun sedikit berbeda dengan sifat ikan mas di kolam pemancingan yang memang dari segi tempat tentu lebih sempit. Ikan akan tersebar di semua bagian kolam dan berusaha menemukan makanan yang paling mereka sukai.

Yang terpenting adalah mengetahui jam makan ikan, dan mengetahui tempat-tempat paforit ikan untuk mencari makan.
Di kolam pemancingan yang sempit sekalipun, ikan mas pasti memiliki tempat paforit dimana ikan akan selalu berkumpul di bagian tertentu pada jam-jam tertentu.

Namun memang ini merupakan hal yang cukup sulit, karena di kolam pemancingan seolah kebiasaan ikan selalu berubah-ubah.

Dari pengalaman dan pengamatan saya, ikan terkadang beberapa hari sangat agresif makan di pagi hari sampai pukul 09.00 dan setelah menjelang siang hari sampai sore ikan seolah mogok makan.
Kadang juga ikan sangat agresif makan di sore hari sekitar pukul 15.00 sampai malam hari. Atau bahkan ikan susah makan di siang hari, justru sangat lahap saat malam hari dan sebaliknya.
Ikan mas yang makan di jam-jam atau waktu tertentu biasanya cenderung berkumpul di satu tempat saja. Kejadian ini yang membuat kurang asiknya kegiatan memancing, dimana pemancing yang berketempatan kumpulan ikan akan mendapatkan tangkapan yang melimpah, sedangkan lapak lain hanya jadi penonton setia tanpa adanya sentuhan.

Ini merupakan PR yang harus dipecahkan setiap pemancing untuk mengatur strategi jitu dan memperhitungkan mulai dari kapan waktu yang tepat untuk memancing, dimana spot yang strategis beberapa hari ini, dan umpan apa yang cocok untuk saat ini.

Ini bagian yang juga sangat menentukan kesuksesan dalam memancing, yaitu menentukan umpan yang paten. Perlu diingat umpan yang baik adalah umpan yang paling disukai ikan, bukan umpan mahal atau umpan murah.

Berikut ini adalah 2 jenis umpan yang menjadi paforit ikan mas,

Untuk membuat umpan ikan mas, sebenarnya sangat mudah dan sederhana saja, namun jangan pernah membuat umpan yang biasa saja. Kita bisa membuat kombinasi racikan umpan paten dengan bahan-bahan yang ada di sekitar.

Umpan Ikan Mas Tanpa Kroto

Banyak para pemancing yang menggantungkan kebiasaan dengan harus adanya keberadaan kroto di umpan mereka, jika tidak mereka akan kehilangan percaya diri.

Namun umpan ini bisa anda gunakan dengan mengabaikan keberadaan kroto atau telur semut rang-rang.

Bahan :

1. Telur Asin 1 butir
2. Biskuit Roma Kelapa (menyesuaikan)
3. Pelet Jitu 4 bungkus
4. Air Panas

Cara Pembuatan :

Siapkan wadah baskom atau wadah apapun untuk membuat adonan umpan.
Masukkan 5 keping roti roma kelapa ke dalam baskom dan haluskan.
Masukkan telur asin yang sudah dikupas kedalam wadah beserta dengan putihnya.

Langkah selanjutnya adalah menghaluskan telur beserta dengan roti sampai halus hingga tercampur dengan roti.

Tambahkan air panas secukupnya dan aduk.
Masukkan pelet 4 bungkus pelet jitu kemudian aduk sampai rata.

Jika umpan terlalu keras, bisa tambahkan air sedikit demi sedikit sampai umpan bisa kita buat bulatan umpan yang tidak terlalu keras.
Dan jika umpan terlalu lembek, bisa tambahkan pengeras kinoy secukupnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Umpan Ikan Mas Andalan Tanpa Kroto

0 komentar:

Posting Komentar