Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

6/02/2018

Umpan Sakti Ikan Mas Paling Simpel Namun Paten

Umpan mancing ikan mas tergolong jenis umpan yang dibuat dengan berbagai macam baik dari warna umpan, tekstur umpan, dan banyak jenis bahan dan campuran umpan. Semua memang akan tergantung dari ketelatenan pemancing dalam membuat kombinasi umpan unggulan di arena pemancingan.

Banyak pemancing yang rela mengeluarkan biaya yang lumayan banyak demi untuk membuat kombinasi racikan dengan harapan akan mendapat hasil tangkapan yang memuaskan.

Namun tidak sedikit pemancing yang merasa kecewa dengan resep yang mereka buat sendiri namun tidak sesuai dengan harapan. Sangat disayangkan bila ternyata umpan yang dibuat dengan biaya yang tidak sedikit akan tetapi hasilnya zonk...

Dengan umpan biasa sajapun contohnya pelet saja pun sebenarnya itu sudah cukup, karena dapat dipastikan ikan mas pasti doyan. Tinggal bagaimana kita memperhitungkan lokasi atau titik tempat ikan yang banyak.

Kebiasaan ikan mas adalah bergerombol di daerah tertentu walaupun tidak berkumpul di satu titik. Namun dengan mengetahui dimana posisi ikan pada hari dimana kita mancing, tentu akan berpotensi besar mendapatkan ikan.

Dan untuk mengetahui dimana posisi ikan, bisa kita perhatikan permukaan air kolam, dimana ikan mas biasanya akan melompat terbang kepermukaan, ataupun akan membuat gelembung-gelembung udara yang menandakan keberadaan ikan mengais-ngais dasar kolam.

Kali ini saya akan berbagi beberapa resep umpan yang bisa sobat coba untuk harian ataupun lomba. Menurut saya umpan ini adalah umpan yang tidak perlu diragukan, karena kebetulan inilah umpan yang biasa saya gunakan untuk harian, kiloan ataupun lomba.

Sebenarnya beberapa dari resep ini juga sudah di bahas di postingan terdahulu, namun akan coba saya tambahkan beberapa bahan yang mungkin masih asing atau tidak terfikirkan sebelumnya.

Umpan Bahan Dasar Pelet Untuk Ikan Mas

Sudah kita ketahui bahwa pelet adalah pakan utama yang menjadi makanan sehari-hari dari ikan mas di penampungan, jadi jangan merasa khawatir ikan tidak doyan dengan pelet yang kita gunakan.

Dari bentuk dan ukuran butiran pelet, gunakan pelet sinta yang berukuran kecil (-2). Pelet ini berkarakter lebih lengket dibanding pelet dengan ukuran diatasnya. Dari penyeduanpun pelet ini sangat cepat lembut dan warnanya lebih kekuningan.

Pelet ini memiliki keamisan yang khas dengan aroma yang lebih tajam. Umpan dibuat lembek/lembutpun tidak mudah buyar.

Campuran Untuk Umpan Pelet Ikan Mas

Diatas sudah jelas bahwa bahan dasar yang kita gunakan adalah pelet sinta (-2). Artinya bila akan kita kombinasikan dengan beberapa campuran sebagai penambah aroma atau rasa, tentukan campuran yang tepat untuk membuat racikan umpan nantinya.

Berikut ini adalah beberapa Campuran yang bisa kita kombinasikan dengan pelet untuk umpan paling sederhana dan murah meriah. Ingat umpan yang baik bukan berarti umpan yang harus mahal, namun umpan yang mampu mendapatkan ikan yang banyak.

Kombinasi campuran ini digunakan untuk takaran 1 gelas pelet sebagai umpan utama, jadi untuk membuat takaran yang lebih banyak, tinggal menyesuaikan saja.

Langkah pertama adalah Sedu dulu pelet dengan air panas sampai tanak.

Campuran yang bisa kita gunakan adalah sebagai berikut :

1. Waffer Nabati
Yang harga Rp. 2.000 bisa dicampurkan semua.

Caranya :
Remas-remas dulu waffer agar hancur.
Masukkan dulu 1/2 dari wafer ke adonan pelet, seram dengan air panas agar mudah dihaluskan dan benar-benar bisa lembut, Aduk sampai benar-benar tercampur merata.

Selanjutnya Masukkan sisa waffer yang 1/2 lagi kemudian aduk-aduk lagi. Tujuan pencampuran yang terahir ini adalah ketika umpan masuk ke dalam air, akan terlihat butiran-butiran waffer yang tidak seberapa harlus di umpan.

Butiran ini akan berwarna putih dan membuat daya tarik tersendiri pada umpan. Saat masuk ke dalam air, beberapa juga akan terlepas dari umpan dan akan menarik perhatian ikan.

2. Waffer Tango
Yang harga Rp. 500,- : 6 bungkus.

Caranya sama dengan no.1, remas dan masukkan dulu 3 bungkus haluskan dengan air, kemudian sisanya dimasukkan setelah umpan jadi agar terlihat butiran putih pada umpan saat masuk kedalam air.

3. Pakan kemasan ikan hias merk Koi
Sebenarnya semua pakan ikan hias bisa digunakan karena memang campuran ini untuk mempertajam aroma umpan yang dihasilkan. Namun yang sering saya gunakan adalah koi.
Caranya sangat mudah, langsung campurkan 3 sendok saja ke pelet ketika disedu dan aduk rata.

Umpan yang dihasilkan akan sedikit berwarna gelap kecoklatan, namun aroma amis yang ditimbulkan akan lebih tajam dan menyengat.

Baca Juga :
1. Umpan Sederhana Ikan Mas Khusus Air Keruh
2. Umpan Ikan Mas Sederhana Tanpa Kroto
3. Keju Campuran Umpan Penggugah Selera Ikan
4. Umpan Unik Mancing Ikan Mas Tanpa Kroto
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Umpan Sakti Ikan Mas Paling Simpel Namun Paten

0 komentar:

Posting Komentar