Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

12/13/2017

Tips Membuat Rangkaian Cabang Pancing | Ukuran dan Warna Senar

Teknik mancing rawe umumnya digunakan untuk memancing di laut dengan harapan semakin banyak kail yang dipasang pasa senar dengan rangkaian yang tersusun akan semakin banyak peluang mendapatkan ikan. Namun teknik mancing rawe ini juga bisa diterapkan pada kolam pemancingan dengan jenis rangkaian cabang pancing yang lebih sedikit berkisar antara 2 sampai 3 dengan teknik mancing dasaran.

Kali ini saya akan bagikan tips membuat rangkaian cabang yang ideal untuk digunakan di kolam pemancingan terutama untuk mancing ikan mas.

Ukuran Senar Untuk Rangkaian Cabang Pancing

Rangkaian cabang pancing yang digunakan biasanya menggunakan senar dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran kenur/senar yang terpasang pada reel yang digunakan untuk memancing.

Untuk ukuran sendiri sendiri sebenarnya hanya menyesuaikan saja dengan bobot ikan yang ada di kolam, apalagi untuk memancing ikan yang memang masih baru curah dan belum jera terhadap pancing, ukuran senar tidak jadi suatu masalah.

Namun lain halnya apabila kita memancing di kolam yang banyak terdapat ikan jera karena telah beberapa kali terkena pancing dan lepas. Ikan yang jera akan lari secepat kilat manakala mengetahui ada keberadaan senar di sekitar mereka seolah sudah mengetahui bahwa itu adalah pertanda bahaya.

Jadi untuk memilih ukuran senar sebagai rangkaian cabang sebenarnya menggunakan ukuran yang lebih kecil akan lebih baik karena keberadaannya akan semakin samar dan harapannya tidak diketahui ikan.

Untuk antisipasi kekhawatiran putus, sebaiknya setingan reel di buat agak kendur supaya berderik mengalah ketika mendapat perlawanan ikan besar. Memang perlu sedikit bersabar sampai ikan agak lemas untuk bisa menaikkan ikan karena bila kita paksa kemungkinan senar cabang yang kecil tidak cukup kuat untuk melawan kekuatan ikan besar.

Warna Senar Utuk Cabang Pancing

Memang banyak yang beranggapan bahwa warna senar sebenarnya bukan hal yang harus di tentukan. akan tetapi pertanyaanya mengapa senar di produksi dengan warna yang berbeda-beda?

Kemungkinan besar alasannya adalah untuk mengelabui ikan supaya senar terlihat lebih samar karena menyesuaikan dengan dimana senar digunakan untuk memancing.

Bila demikian, bisa jadi seorang pemancing akan menyesuaikan dengan warna air kolam atau dengan warna lumpur dan lain-lain untuk menentukan warna senar yang akan digunakan.

Baik... anggap saja memang ikan bisa membedakan warna, dan langkah apa untuk antisipasinya???

Sebaiknya gunakan senar untuk cabang pancing yang mendekati serupa dengan kondisi dasar kolam, alasannya apabila memang ikan bisa membedakan warna, tentu senar akan tersamarkan saat melekat dengan lumpur yang ada di dasar kolam yang warna senar sudah kita sesuaikan mendekati serupa dengan warna dasar kolam.

Untuk teknik mancing rawe mungkin sedikit berbeda karena sebagian besar umpan di buat seolah melayang di dalam air dengan ikan terget adalah jenis ikan yang bergerombol di laut. Untuk mancing rawe ini mungkin akan lebih cocok senar yang digunakan adalah menyesuaikan dengan warna perairan dimana kita memancing.

Demikianlah tips membuat rangkaian cabang pancing yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya..
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Membuat Rangkaian Cabang Pancing | Ukuran dan Warna Senar

1 komentar: