Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

11/13/2017

Rahasia Bahan Umpan Paket Ikan Mas dan Cara Membuat Umpan Putih

Paket umpan pancing siap pakai umpan mancing ikan las dll.- sebenarnya sama saja dengan umpan yang biasa kita gunakan untuk memancing sehari-hari. Namun umpan yang disebut paketan ini memang dikemas dalam bentuk bungkusan, itulah mengapa umpan di bilang umpan paket.

Dari bahan yang di gunakan tidak berbeda dengan bahan-bahan yang di gunakan pemancing di sekitar kita. Kebanyakan dari pemancing yang menggunakan umpan paket ini adalah mereka yang sampai saat ini belum merasa yakin dengan kemampuan mereka sendiri dalam membuat komposisi racikan umpan, apalagi saat akan mengikuti perlombaan memancing.

Inti dan tujuan dari seni meracik umpan adalah bagai mana menggugah selera makan ikan agar doyan dengan umpan yang kita gunakan.
http://kolamhariankita.blogspot.com
Bagai mana cara menggugah selera makan ikan adalah sebuah pertanyaan yang dapat menghasilkan berbagai jawaban. Akan tetapi bisakah kita ambil satu kesimpulan untuk menjawab permasalahan yang kerap terjadi di hampir semua kolam pemancingan.

Ada saat-saat seolah ikan musnah dari dasaar kolam, ikan mogok makan dan tidak ada tanda-tanda keberadaan ikan. Bila memang yang terjadi demikian, sudah bisa di pastikan karena faktor perubahan suhu air kolam yang membuat ikan kehilangan selera makan. Ikan biasanya 

Bahan yang digunakan untuk pembuatan umpan paketan ini banyak sekali jenisnya, mulai dari jenis umbi-umbian, buah-buahan, daging dan lain-lain.

Kemudian kombinasi antara campuran yang digunakan juga harus di sesuaikan dengan jenis dan seberapa banyaknya bahan yang digunakan.

Banyak yang menawarkan berbagai macam jenis umpan paketan untuk umpan pancing, namun tidak semua sumber yang ada dapat kita percaya 100%.

Sebelum memesan satu jenis umpan paket tertentu, sebaiknya lihat dulu sumber atau penyedia jasa pemesanan yang terpercaya. Jangan sampai biaya yang kita keluarkan lumayan banyak namun hasilnya mengecewakan. menurut saya, lebih baik kita berinovasi menemukan sendiri komposisi racikan umpan yang paling pas.

Berikut ini saya bagikan resep umpan yang tidak kalah dengan umpan paketan di internet.

Bahan-Bahan Umpan Putih Paketan

1. Telor bebek 2 butir,

2. Susu bubuk 1 sanchet

3. Kroto secukupnya

4. Santen Kara 1 bungkus

5. Keju wisman Rp. 2000an

6. Essen Tengiri (amis)

7. 2 helai daun pandan

8. Kinoy wangi (pengeras)

Setelah bahan diatas sudah kita siapkan, tinggal bagaimana cara pembuatan umpan dari bahan-bahan tersebut. Baiklah langsungsaja kita bahas cara pembuatannya ;

Pembuatan Adonan Dasar

Siapkan baskom kecil yang bersih untuk wadah membuat bahan dasar umpan.
- Pecah dulu dan masukkan telur bebek ke dalam wadah
- Masukan susu bubuk
- Masukan santan kara

Kemudian aduk perlahan agar tidak tumpah atau berceceran di lantai, terus aduk sampai semua bahan tercampur rata.

Jika sudah dirasa benar-benar tercampur rata, masukkan kroto sambil terus di aduk, pastikan adonan tidak ada yang menggumpal.

Selanjutnya adalah bagian yang paling penting dari campuran umpan yang penggunaannya harus benar-benar diperhatikan dalam takaran yaitu essen tengiri.

Essen tengiri merupakan jenis minyak yang baunya sangat tajam dan menyengat, jadi untuk penggunaan jangan terlalu banyak.

Takaran yang di gunakan untuk adonan ini hanya 1/2 tutup botolnya saja. Jika essen sudah kita tuangkan, terus aduk sampai benar-benar essen tercampur sempurna.

Sebenarnya banyak penyedia umpan paket siap pakai untuk beli secara online dan pastinya sudah teruji.

Pengukusan Adonan Umpan
Dari semua bahan-bahan diatas yang sudah tercampur jadi satu di wadah adonan, (kecuali pengeras kinoy)
Masukkan kedalam plastik pembungkus ukuran 1 kg.
Masukkan daun pandan yang sudah diremas-remas ke dalam plastik beserta dengan adonan.
Ikat plastik dan masak dengan api yang tidak terlalu besar.

Cara Memasak / Mengukus Umpan

Rebus air secukupnya dengan panci atau alat perebus lainnya, tunggu hingga mendidih dan jangan dulu masukkan plastik wadah adonan sebelum air mendidih.

Jika air sudah mendidih, kecilkan api kompor dan barulah masukkan plastik adonan umpan tadi dan tunggu sekitar 10-15 menit.

Perebusan atau pengukusan jangan terlalu lama, ingat... 10 menit setelah air mendidih dan api yang kecil, tujuannya agar umpan tidak keras.

Setelah pengukusan/perebusan umpan selesai, masukkan adonan ke dalam wadah kemudian aduk sampaim umpan tidak terlalu panas atau mendekati hangat.

Jika sudah agak hangat, masukkan pengeras kinoy wangi sedikit-demi sedikit sambil terus aduk untuk menjaga pencampuran kinoy benar-benar rata.

Apabila umpan masih terlalu lembek, tambahkan lagi kinoy dan aduk kembali hingga umpan bisa kita buat bulatan umpan. Dan umpan siap di gunakan...

Baca juga :
1. Bagaimana Cara Memasak Umpan Supaya Mancing Dapat Banyak
2. Cara Membuat Umpan Bom Agar Ikan Berkumpul

Demikianlah cara membuat umpan memancing ikan mas yang tidak kalah dengan umpan paket, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya di blog seputar infirmasi pemancingan dan umpan mancing ini, untuk membaca postingan yang lain seperti umpan mancing ikan mas, alat pancing, trik mancing dan lain-lain, silahkan lihat daftar isi. Salam STRIKE...."
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rahasia Bahan Umpan Paket Ikan Mas dan Cara Membuat Umpan Putih

1 komentar:

  1. thanks informasinya, membantu sekali dan jangan lupa kunjungi kami di http://tokoumpan.com/essen-ikan-mas-kilo-gebrus/

    BalasHapus