Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

8/28/2017

Mengapa Ikan Mas Tidak Mau Makan Umpan

Ikan mas adalah salah satu jenis ikan yang tergolong ikan selalu lapar, sebab ikan mas memang seolah tak pernah kenyang apalagi untuk jenis makanan kesukaan mereka. Ikan mas akan selalu saja memakan apapun yang ia anggap makanan kesukaan ikan mas ini.

Saat lemparan pertama kita sukses dengan sambaran ikan, ini yang menjadikan kita optimis akan umpan yang kita gunakan adalah makanan kesukaan ikan mas. Namun jangan merasa senang dulu, karena kesuksesan ini bukan penentu dari kemenangan kita.

Bisa jadi saat kita melempar umpan, memang kebetulan tepat jatuh di gerombolan ikan mas yang kemudian salah satu diantara mereka melahap umpan kita. Coba dengan lemparan kedua di tempat yang sama, biasanya hasilnya tidak seperti yang pertama, yang langsung mendapat sambaran ikan.

Strike perdana yang baik adalah saat kita sudah sempat menabur umpan dalam beberapa saat kemudian barulah dititik taburan umpan tadi kita mendapatkan sambaran ikan perdana yang dengan sengaja mendatangi aroma umpan milik kita.

Dengan demikian sudah bisa dipastikan akan ada ikan kedua, ketiga dan seterusnya. Artinya umpan kita memang memiliki daya pikat untuk menarik selera makan ikan yang terbukti dari sambaran pertama yang memang datang dengan sendirinya mencari umpan kita.

Lantas bagaimana jika ikan mas tiba-tiba mogok makan?
Apa yang harus kita lakukan?

Sesuai dengan judul di atas, kita akan lebih fokus membahas bagaimana mengatasi ikan mas yang tidak mau makan umpan.

Sebenarnya sulit juga menentukan apa penyebab dari ikan yang tidak mau memakan umpan, karena banyak sekali faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Mulai dari faktor perubahan cuaca, umpan, kodisi air, ikan yang kurang sehat, dan lain-lain.

Namun setidaknya ada beberapa hal yang harus kita pahami dengan penyebab kondisi seperti ini bisa terjadi. Baiklah, mari kita jabarkan beberapa faktor yang umumnya terjadi di koloam pemancingan.

Faktor yang pertama adalah makanan atau umpan.
Menurut pengalaman beberapa pemancing, umpan yang di gunakan adalah salah satu faktor yang pertama kali harus kita curigai. Akan sangat mudah mengetahui penyebabnya bila di kolam, apakah benar umpan kita yang memang menjadi penyebab kenapa ikan tidak mau makan.

Bila lapak tetangga kiri kanan bisa beberapa kali strike sedangkan pelampung kita kadang memberikan signal sentuhan ikan namun tidak lama pelampung kembali tenang tanpa ada tanda-tanda ikan memakan umpan, sudah bisa di pastikan memang umpan kita yang menjadi penyebabnya. Artinya ikan mogok makan hanya berlaku di lapak kita, Solusinya segera ganti umpan.

Faktor yang ke dua perubahan suhu air.
Penyebab nafsu makan ikan mas berkurang juga bisa dikarenakan perubahan suhu air. Ada saat-saat ikan bergerombol di titik-titik tertentu dengan jumlah bisa puluhan ekor di satu titik gerombolan.

Saat kita lempar umpan, biasanya langsung mendapat sambaran namun kemudian ikan bubar setelah salah satu ikan berhasil kita dapatkan. Sesaat gerombolan menghilang untuk kemudian muncul lagi di titik lain, mungkin hanya beberapa kali saja salah satu dari gerombolan ikan ini akan menyambar umpan yang kita lemparkan.

Bisa jadi dari sekian puluh ikan yang bisa kita dapatkan hanya tiga ekor saja, karena lemparan umpan selanjutnya hanya akan membuat ikan jera dan bubar sesaat kemudian kembali berkerumun dan pindah di titik yang lain. Ini adalah kondisi dimana ikan sedang beradaptasi karena perubahan cuaca yang mempengaruhi suhu air.

Kemungkinan yang terjadi adalah suhu air di dasar kolam mencapai tingkat kedinginan yang cukup tinggi, sehingga ikan engggan mendiami dasar kolam dan seolah bergerombol mendekati permukaan untuk mendapatkan suhu air yang lebih hangat ketimbang di dasar kolam.

Memang ikan mas akan dengan sendirinya mampu menyesuaikan diri dengan suhu air, namun pada fase inilah ikan mas akan kehilangan nafsu makannya, walaupun yang kita gunakan adalah makanan kesukaan ikan mas.

Faktor yang ketiga adalah sirkulasi air kurang lancar.
Mungkin di beberapa kolam pemancingan memiliki masalah sirkulasi air yang kurang lancar karena volume datangnya air yang sangat kecil hingga menyebabkan kondisi kolam yang kurang sehat pula.

Hal ini bisa menyebabkan kondisi ikan yang kurang sehat dengan di tandai bercak merah di sela-sela sisik ikan. Kondisi seperti ini juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab mengapa ikan tidak agresif dan berkurangnya nafsu makan.

Penggunaan bahan-bahan kimia sebagai campuran komposisi makanan ikan atau umpan juga otomatis akan mengendap di dasar kolam saat sirkulasi air tidak lancar. Jadi sudah bisa di pastikan ini akan berpengaruh dengan kondisi kolam dan efeknya akan berpengaruh pula pada kesehatan ikan.
Sebenarnya masih banyakl faktor-faktor lain yang menyebabkan ikan tidak mau makan umpan, namun uraian di atas adalah beberapa faktor yang umumnya terjadi di kolam pemancingan.
Demikianlah postingan kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengapa Ikan Mas Tidak Mau Makan Umpan

2 komentar:

  1. thanks infonya http://tokoumpan.com/essen-ikan-mas-kilo-gebrus/

    BalasHapus
  2. terimakasih infonya sangat membantu, jangan lupa kunjungi balik web kami http://bit.ly/2NNBmDX

    BalasHapus