Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

9/13/2017

Memilih Jenis Joran Pancing Yang Bagus

Joran pancing yang merupakan piranti mancing utama yang harus kita pertimbangkan dalam penggunaannya, dimana kita akan memancing, ikan apa yang kita pancing, bobot rata-rata ikan buruan kita seberapa dan lain-lain. Dalam memilih jotan pancing, tentu yang kita pertimbangkan adalah jutuannya untuk lomba ataukah untuk sekedar rekreasi saja. Perlu di ketahui bila joran akan kita pakai untuk lomba/galatama, pilihlah jenis joran yang tingkat kelenturannya hanya pada bagian ujung saja. Ini tujuannya agar mempersingkat waktu mengajar ikan dan tentunya akan semakin cepat pula mempersiapkan untuk tarikan ikan selanjutnya.

Sebaiknya joran yang digunakan untuk lomba adalah model tanpa sambungan (1piece), dengan ketentuan panjang tidak lebih dari 200cm (2 meter). Alasan mengapa kita gunakan joran tipe ini karena tingkat kelenturan joran benar-benar merata dari ujung hingga kepangkal. Berbeda dengan jenis joran antena yang tingkat kelenturannya akan terbagi-bagi, dan kelenturan tidak merata karena terdapat beberapa sambungan yang bisa bergeser yang akan mengurangi tingkat kelenturan joran. Untuk panjang atau pendeknya joran, ini tidak seberapa berpengaruh di kolam lomba, namun idealnya ukuran panjang joran sekitar 168 – 180 cm. Hanya perbedaanya dari segi penggunaan saja, jika joran panjang akan mudah melemparkan umpan lebih jauh agar tepat pada spot di mana kita akan melemparkan umpan.
Jika kegiatan memancing kita hanya untuk rekreasi saja, sudah jelas tujuannya adalah mendapatkan sensasi yang memuaskan saat menghadapi perlawanan tarikan ikan. Untuk itu, kita bisa menggunakan jenis joran yang tingkat kelenturannya sampai ketengah, ini akan membuat kita jauh lebih merasakan sensasi tarikan ikan walaupun sebenarnya ikan yang kita dapatkan berukuran kecil.   

Tehnik Menyentak Joran Pancing Agar Tidak Mudah Patah

Sering kita melihat kejadian yang sangat tidak menyenangkan pada saat memancing, contohnya saja joran yang patah ketika mengajar ikan. Sebenarnya ini belum tentu jenis bahan joran yang tidak bagus, karena bisa saja joran yang patah adalah kesalahan dari pemancing. Disinilah perlu adanya tehnik dalam menyentak joran, kejadian joran yang patah ini biasanya karena terjadi saat pemancing memancing di kolam dengan atap yang rendah, sehingga sehingga saat menyentak, ujung joran mengenai bagian atap dan patah. Atau pemancing mengayun joran sebatas siku, sehingga joran berputar melebihi 90 derajat dan membuat melebihi kapasitas beban joran. Perlu diketahui tehnik menyentak joran sebenarnya cukup hanya dengan mengayun lengan dan di bantu dengan gerakan pergelangan tangan.

Demikianlah cara memilih joran pancing sesuai dengan keperluan, dan tehnik menyentak joran agar tidak mudah patah. Semoga bermanfaat...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Memilih Jenis Joran Pancing Yang Bagus

0 komentar:

Posting Komentar