Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

8/27/2017

Mengenal Piranti Mancing Ikan Mas ( Belajar Mancing )

Ikan mas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang habitat aslinya adalah di rawa-rawa, sungai dan lain-lain, namun ikan mas mudah dibudidayakan. Ikan mas tergolong ikan pemakan segala, mulai dari jenis lumut, daun-daunan, daging, dacing dan lain sebagainya. Hal yang harus di pahami oleh pemancing adalah dari cara makan ikan mas yang menghisap makanan masuk ke rongga mulutnya, untuk kemudian akan di semburkan atau dikeluarkan kembali bila mendapati ada sesuatu yang ia sukai. Ini sebabnya pemancing berpengalaman akan membuat racikan umpan ikan mas selembut dan selembek mungkin, harapannya adalah ketika ikan mas menghisap umpan, keberadaan umpan di dalam mulut ikan akan hancur dan dengan begitu mata kail yang tajam akan sedikit  menancap di dinding rongga mulut, sehingga ikan akan bereaksi akan mencoba memaksa mengeluarkan dari dalam mulutnya, saat itulah kenut akan tertarik-tarik karena reaksi ikan tadi dan menyebabkan pelampung akan memberikan signal bahwa umpan telah di makan ikan. Namun jika umpan yang kita gunakan terlalu liat dan sedikit keras, maka umpan akan dengan mudah di semburkan lagi dan lolos sudah kail beserta umpan yang baru saja di makan ikan.


Bukan hanya hanya sekedar memahami karakter makan dan umpan saja, akan lebih baik lagi jika pemancing juga memahami piranti pancing yang cocok untuk jenis ikan. Baiklah, kali ini kita akan membahas seputar perlengkapan pancing yang baik untuk di gunakan memancing ikan mas.

Joran
Untuk pemilihan joran, gunakan atau pilihlah jenis joran kuat dengan tingkat kelenturan yang baik. Karena kelenturan joran inilah yang akan membantu menguras tenaga ikan di sebabkan oleh reaksi yang ditimbulkan oleh melengkungnya joran yang kita gunakan. Untuk kelenturan joran, bisa menyesuaikan saja karena semakin lentur akan menambah kepekaan terhadap tarikan ikan. Gunakan joran yang terdiri dari 2 atau 3 section, sehingga kelenturan joran akan terbagi rata dari pangkal sampai ke bagian ujung joran. Dan untuk ukuran panjang joran yang baik adalah 120 s/d 180 CM.

Reel
Gunakan jenis reel yang benar-benar nyaman untuk digunakan, ini tergantung dari kebiasaan jenis reel apa yang biasa kita gunakan. Dari berbagai pengalaman para pemancing senior, jenis reel yang paling nyaman di gunakan adalah spinning reel. Alasannya adalah termasuk jenis reel yang ringan karena memang reel ini di desain dengan bahan yang terbut dari graphite, lain halnya dengan bahan plastik ataupun juga almunium yang memang agak sedikit terasa berat. Perhatikan juga kapasitas dan kelas reel mulai dari drag, gear rasio, bearing, dan biasanya para pemancing mania akan menggunakan reel berukuran 2000 untuk ikan mas.

Kenur
Dalam penggunaan kenur, sudah pasti kenur yang paling cocok adalah jenis kenur yang kecil, semakin kecil akan semakin baik, amun yang jadi masalah adalah kekuatan kenur. Untuk itu, gunakan kenur yang memiliki diameter kecil akan tetapi kekuatan besar. Biasanya para pemancing khususnya ikan mas, menggunakan kenur berdiameter 0,20 – 0,26 dengan kekuatan berkisar 6 – 12 lbs.. Untuk warna kenur gunakan warna yang sedikit samar dengan warna perairan tempat memancing, namun banyak yang berpendapat bahwa warna kenur ini tidak berpengaruh terhadap ikan.

Mata Kail
Ikan mas adalah jenis ikan yang tidak memiliki gigi, untuk itu tidak perlu menggunakan jenis mata kail yang berbatang panjang. Sebab tujuan dari mata kail yang berbatang panjang adalah melindungi agar kenur tidak terkena gigi. Untuk mancing ikan mas, gunakan mata kail yang berbatang pendek saja, karena jika seluruh mata kail berada di dalam mulut ikan pun kenur akan tetap aman karena ikan mas tidak memiliki gigi. Untuk ukuran mata kail bisa menyesuaikan dengan bobot atau besarnya ikan yang di curah di kolam.

Pelampung
Fungsi dari keberadaan pelampung adalah sebagai alat pendeteksi reaksi kenur yang tertarik dan bergerak karena umpan yang berada di dasar kolam mendapat sentuhan ikan. Untuk itu, gunakan bahan yang benar benar ringan, sehingga memiliki tingkat sensitif yang tinggi karena mengambang sempurna di permukaan air. Gunakan pelampung yang tidak terlalu besar, karena ini akan mengurangi tingkat sensitif yang menyebabkan akan menahan gerak kenur yang ditarik ikan saat umpan di makan.

Demikianlah tips yang harus dipahami seorang pemancing pemula sebelum terjun di kolam pemancingan. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Baca juga artikel yang lain tentang berbagai cara membuat racikan umpan untuk ikan mas.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Piranti Mancing Ikan Mas ( Belajar Mancing )

0 komentar:

Posting Komentar