Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

6/05/2017

Cara Memancing Ikan Mas Mantan Yang Susah Makan

Setiap kolam pemancingan baik itu kolam harian atau kolam kiloan, pasti menyisakan ikan yang kadang membuat kita penasaran manakala melihat gelembung-gelembung ikan yang susah bahkan tidak mau memakan umpan. Boro-boro memakan umpan, melihat kenur atau senar pancingpun kadang ikan akan melesat secepat kilat untuk menghindah seolah tau itu adalah umpan pancing yang tidak boleh dimakan.

Memang ikan mantan seperti ini sudah jera dengan pengalaman yang berkali-kali memakan umpan dan sempat terkait pancing namun beruntung berkali-kali pula dia lepas dari tangkapan, al-hasil ikan bisa dibilang sudah berpengalaman dalam memilih pakan yang menurut instingnya tidak berbahaya.

Itu merupakan salah satu faktor adanya ikan yang disebut ikan mantan di setiap kolam pemancingan. Gelembung-gelembung ikan biasanya akan berpindah-pindah entah ada yang dicari ataukah ada yang dihindari, hanya ikan itu yang tau pasti.

Namun bila kita perhatikan, perpindahan gelembung-gelembung ikan mantan ini biasanya akan kembali ke titik (tempat) yang sama setelah berpindah-pindah ke beberapa tempat yang seolah-olah titik itu adalah lintasan sebelum menuju ke titik berikutnya dan akan kembali lagi ke tempat semula dan begitu seterusnya.
Kondisi inilah yang akan memecah konsentrasi pemancing untuk menarik umpan dan melontarkan ke arah gelembung yang hasilnya nihil karena ikan akan menghindari umpan untuk mencari tempaat yang aman di titik lain dengan gelembung-gelembung baru yang diciptakan.

Kebanyakan yang menjadi korban gelembung ini adalah pemancing pemula yang terus mengejar kemanapun ikan pergi. Sementara di lapak sebelah terus membuat taburan umpan sebagai rumah makan untuk persinggahan ikan yang kelaparan.

Jelas ikan mas akan menghampiri lapak-lapak pemancing yang sudah tersedia banyak taburan umpan dibanding lapak pemancing pemula korban gelembung ikan mantan tadi yang tidak menyajikan taburan umpan sama sekali, kalaupun ada ikan datang mungkin ini hanya faktor keberuntungan  yang secara kebetulan ikan melintas dan menemukan umpan.

Kembali lagi pada topik sesuai dengan judul artikel di atas, yaitu Cara Memancing Ikan Mas Mantan Di Kolam Pemancingan. Bila memang sudah kita niatkan untuk mendapatkan ikan mantan, ini bisa dibilang sebuah tantangan. Berikut ini beberapa cara yang bisa sobat lakukan :

Umpan Untuk Ikan Mas Mantan Di Kolam Pemancingan

Berdasarkan pengalaman saya pribadi dan inipun saya dapat dari beberapa teman pemancing di Bandar Lampung yang juga sudah lebih dulu mencoba dan terbukti berhasil.

Cara ini cukup sederhana dan tidak perlu buang-buang biaya untuk membuat racikan umpan seperti saat memancing biasanya. Kita hanya cukup menggunakan senar pancing yang lebih kecil lebih halus lebih baik, namun dengan senar yang kecil tentu akan beresiko putus bila kurang hati-hati bila mendapat ikan yang bobotnya besar.

Kemudian untuk kail disesuaikan dengan umpang yang akan kita gunakan, dalam artikel ini saya akan bagikan cara memancing ikan mantan dengan umpan nasi atau satu bulir nasi. Bisa kita sesuaikan untuk kail atau mata pancing yang kita gunakan sesuai dengan buliran nasi. Kemudian untuk cara memancing lebih cocok bila dengan menggunakan sistim glosor, karena akan sedikit menghilangkan jejak bahwa nasi yang mereka temukan itu adalah umpan pancing.

Demukianlah cara memancing ikan mantan yang tidak mau memakan umpan karena trauma sudah berkali-kali terkena pancing dan berkali-kali lepas dari tangkapan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat pemancing semua. Salam strike……
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memancing Ikan Mas Mantan Yang Susah Makan

2 komentar:

  1. Thanks informasinya, http://tokoumpan.com

    BalasHapus
  2. Kalo mata kail kecil,sangat beresiko kalo dimakan babon..

    BalasHapus