Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

5/31/2017

Roti Biskuat Campuran Umpan Ikan Mas Paten


Setiap pemancing tidak akan pernah merasa puas dengan resep umpan yang telah mereka buat, umumnya mereka akan selalu mencoba dan mencoba resep yang baru dengan harapan resep baru mereka akan lebih baik dari resep sebelumnya. Inilah yang akan membuat kebingungan bagi pemancing pemula yang belum menemukan resep umpan jitu yang paling cocok untuk mereka gunakan sebagai umpan memancing di kolam, baik umpan untuk ikan mas, ikan lele, ikan bawal, ikan patin dan lain sebagainya. Sebenarnya dari sekian banyak resep yang kita pelajari banyak memiliki kesamaan baik dari tekstur maupun pengolahan, yang menjadi pembeda hanyalah bahan dasar dan campuran. Dalam menentukan takaran untuk bahan dasar dan campuran merupakan pengembangan yang awalnya mereka hanya coba-coba saja. Intinya, kita pemancing pemula juga bisa mengikuti kesuksesan mereka dengan memodifikasi dari berbagai racikan umpan yang sudah dikembangkan dari pemancing terdahulu

Tekstur umpan kesukaan ikan mas

Untuk pemancing pemula, kita bisa baca dari berbagai resep yang disajikan para pemancing senior bahwa adonan harus lembut dan tercampur merata antara bahan dasar dan campuran. Disini bisa kita garis bawahi bahwa setiap resep menyarankan adonan harus lembut dan rata. Artinya sebagus dan selengkap apapun racikan umpan, bila cara pembuatannya kurang lembut dan tidak tercampur dengan rata, maka akan mengganggu selera makan ikan. Umpan yang tidak tercampur dengan rata, apalagi bila umpan masih terasa kurang lembut, kemungkinan ikan akan memuntahkan lagi guna untuk mengkancurkan umpan dan menyeleksi bagian umpan yang lebih lembut untuk ditelan. Ikan mas memiliki karakter makan yang menghisap dan memuntahkan kembali untuk kemudian mengambil bagian umpan yang disukai untuk dimakan. Untuk itulah dalam meracik umpan atau membuat adonan umpan harus selembut mungkin dengan tujuan saat umpan dimakan oleh ikan akan langsung hancur dan mata kail dengan senditinya akan terkait di bagian dalam mulut ikan.

Resep Umpan Sederhana Dengan Bahan Dasar Pelet Untuk Ikan Mas

Resep umpan ini pernah saya coba saat memancing di kolam harian, saat saya merasa jenuh karena umpan yang saya buat dengan susah payah dan dengan modal yang cukup besar ternyata hanya mendapat sentuhan saja tanpa menggugah selera makan ikan mas. Memang beberapa ikan sempat membuat reel berderik saat saya hentak joran karena pelampung terlihat timbul tengelam oleh gerombolan ikan. Tapi setelah ikan terangkat, tak satupun mata kail mengait mulut ikan, melainkan di bagian badan ikan yaitu sirip, ekor, bagian dagu dan tak jarang hanya mendapatkan sisiknya saja. Tentu ini menjadi tanda tanya besar “ ada apa dengan umpan saya “??. Akhirnya saya mengikuti saran dari beberapa teman untuk menggunakan umpan alternative dengan menggunakan bahan dasar pelet. Alhasil…..” lemparan pertama langsung mendapatkan sambaran ikan untuk pertama kalinya kail mengait tepat di dalam mulut ikan. Dan diikuti ikan ke dua, ke tiga, ke empat dan seterusnya. Untuk sobat mancing mania yang mungkin mengalami hal yang sama, mungkin bisa menggunakan umpan alternative ini :
Bahan : Pelet, Kinoy Wangi, Roti Biskuat Rasa Pandan harga seribuan.

Cara pembuatan :
1.    Sedu 1 gelas pelet ke dalam wadah dengan air panas secukupnya
2.    Campurkan 2 bungkus roti Biskuat rasa pandan
3.    Tutup rapat wadah agar panas dapat bertahan lama
4.    Setelah pelet matang, Haluskan beserta roti sampai benar-benar halus dan rata
5.    Aduk dan campurkan sedikit-demi sedikit kinoy wangi untuk membuat umpan lebih kenyal.
6.    Jika adonan sudah bisa dipulung, Umpan siap di gunakan.

Demikianlah Resep Umpan Sederhana Dengan Bahan Dasar Pelet Untuk Ikan Mas yang bergerombol dan tidak memiliki selera makanan tinggi. Sobat bisa coba cara ini saat umpan andalan tidak dimakan ikan dan tidak menggugah selera makan ikan. Karena apapun bisa terjadi pada umpan kita, dikerjai teman, salah takaran, dll. sehingga cita rasa umpan rusak dan membuat ikan enggan memakan umpan. Kondisi seperti inilah perlu adanya umpan alternative yang dari cara pembuatannya gampang dan bahan mudah didapatkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Roti Biskuat Campuran Umpan Ikan Mas Paten

1 komentar:

  1. thanks infonya, dan jangan lupa kunjungi kami di https://goo.gl/p5HwjL

    BalasHapus