Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

12/18/2017

Cara Mancing Ikan Mas Di Kolam Yang Banyak Ikan Nila

Mengatasi kolam pemancingan yang banyak ikan nila memang harus melakukan pembasmian agar ikan nila tidak berkembang biak di kolam pemancingan. Keberadaan ikan-ikan nila liar ini memang sangat mengganggu aktivitas memancing karena umpan akan habis dalam beberapa saat karena dimakan dan dikerumuni puluhan atau ratusan ikan nila berukuran kecil yang menggerogoti umpai sampai ludes.

Memang ini sudah semestinya menjadi tugas dari pengelola kolam pemancingan untuk menanggulangi agar keberadaan ikan-ikan liar ini dimusnahkan dari kolam. Karena jika tidak, banyak pemancing yang merasa terganggu dan bisa saja mereka enggan untuk mancing lagi di kolam tersebut.

Namun sebenarnya kondisi ini menjadi suatu hal yang bisa kita manfaatkan untuk juga mengumpulkan ikan mas  agar ikut berkumpul di kerumunan ikan nila-nila yang mengerumuni umpan kita. Tentu dengan resiko umpan yang disediakan harus sangat banyak, jika tidak umpan akan habis dalm beberapa jam saja.

Saya pernah jengkel dengan keadaan seperti ini, dan saking jengkelnya saya berniat meladeni kemauan dari ikan-ikan nila dengan niatan saya akan memancing ikan nila tanpa menghirauka ikan mas.
http://kolamhariankita.blogspot.com

Kebetulan ikan-ikan nila di kolam pemancingan yang pernah saya dapat beberapa ekor dan rasanya sangat gurih dengan daging tebal dan tulang renyah ketika di goreng garing. inilah yang memicu niat saya untuk sengaja membuat umpan seduan pelet 1/4 kg khususon untuk mancing nila.

Saya gunakan rangkaian cabang pancing 3 dan kail yang berukuran sangat kecil sekali sehingga ikan nila ukuran 2 jaripun bisa kena.

Mulailah saya menjatuhkan umpan di satu titik agar ikan-ikan nila ini berkumpul.

Dan apa yang terjadi...?

Ketika sedang asyik dengan tarian pelampung yang tiada pernah berhenti dan tangan yang terus menggentak joran dengan ikan-ikan nila yang mulai terangkat mulai dari yang berukuran 2 jari sampai ada beberapa yang lumayan besar mencapai hampir 1/2 kg.

Selama hampir 1 jam bobot ikan nila yang saya dapatkan mencapai 2 kg. Bisa dibayangkan kondisi lengan yang seolah terasa akan copot karena terus menarik joran. Namun saya terus asyik dengan tarikan ikan nila yang terkadang mengadakan perlawanan.

Apa yang terjadi yang kedua ....?
Diluar dugaan.....!!!!

Setelah hampir 2 jam, bukan hanya ikan nila yang saya dapatkan melainkan ikan mas yang ikut berebut seakan berlomba dengan sambaran-sambaran ikan nila untuk berebut makanan.

Mulailah saling bergantian yang saya angkat antara nila dan ikan mas, walaupun ada beberapa yang terlepas karena kail yang berukuran kecil. Namun bila lebih sabar dan hati-hati dalam mengajar ikan, ikan mas besarpun bisa terangkat juga.

Ternyata di atas jam 10, ikan-ikan nila ini mulai berkurang dan bergati ikan mas yang  mengambil alih titik taburan umpan.

Singkat cerita, ketika ahir perjuangan hari itu saya mendapatkan ikan nila tak terhitung jumlahnya dengan bobot 4 kg dan ikan mas sebanyak 16 ekor. Sangat di luar dugaan..."

Mulai saat itu ternyata banyak yang meniru cara-cara saya dan merekapun meniatkan akan memancing ikan nila terbukti dari kail yang digunakan berukuran kecil.

Perlu diingat :
Untuk mencoba cara ini usahakan datang lebih awal karena ikan nila akan sangat ganas ketika dibawah jam 10, untuk setelah diatas jam 10 ikan nila hanya memakan umpan normal seperti biasa yaitu jadi pengganggu aktifitas memancing saja.

Keuntungannya, akan mendapat ikan nila banyak sebagai bonus memancing dan ikan mas pasti kita dapatkan karena mustahil taburan umpan dan kerumunan ikan nila tidak mengundang ikan mas untuk datang.

Kerugiannya, terlalu banyak pakan yang harus kita siapkan ketimbang biasanya. Namun tidak seberapa dibanding kepuasan yang kita dapatkan.

Baca juga : Santan Kara Umpan Kesukaan Ikan Mas Babon

Demikianlah postingan cara mancing ikan mas di kolam yang banyak ikan nilanya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mancing Ikan Mas Di Kolam Yang Banyak Ikan Nila

0 komentar:

Posting Komentar